Senin, 21 November 2016

Menanam Hairgrass Japan (Eleocharis sp) secara Emersed

Setelah satu tahun gagal menumbuhkan Hairgrass Japan (Eleocharis sp) secara emersed akhirnya saya berhasil menumbuhkan Hairgrass Japan di tahun ke dua, kunci utamanya ada pada pupuk, sama seperti mengkultur greenwater, unsur utama yang dibutuhkan adalah unsur N, P dan K dan tentunya juga di bantu sinar matahari namun cukup teduh serta media tumbuh seperti mini tropical greenhouse atau pot biasa.

Awalnya saya berpikir substrat yang saya gunakan tidak perlu lagi memerlukan pupuk tambahan (seperti pupuk cair atau pupuk padat) karena saya menggunakan pupuk kompos sekam bakar dan pupuk kandang kambing sebagai substrat, ternyata kedua pupuk ini masih perlu harus di rubah atau di kondisikan untuk pertumbuhan bakteri pada subtratnya agar tersedianya unsur Nitrogen pada substrat.


Dengan pencahayaan sinar matahari yang tidak langsung (di keteduhan), gas karbondioksida (CO2) yang berlimpah di udara bebas dan penggunaan pupuk organic dari micro algae dari jenis Cyanobacteria akhirnya Hairgrass Japan untuk Aquascape ini berhasil saya tumbuhkan dengan cepat dan sempurna hanya di tempuh kurang dari 2 bulan saja, tentunya wadah yang saya gunakan adalah media pendukung tumbuh kembang tanaman muda atau media tumbuh untuk bibit tanaman, media tumbuh ini saya bikin sendiri mirip dengan mini tropical greenhouse hidroponik atau mini propagation hidroponik yang terdapat cukup ventilasi untuk pertukaran gas.

Wadah yang saya gunakan sebagai mini tropical greenhouse atau mini propagation hidroponik emersed dengan cukup ventilasi sebagai pertukaran gas CO2 dan O2 (Oksigen)

Dalam membuat wadah mini tropical greenhouse ini saya mengacu pada artikel-artikel tentang tanaman hiroponik, greenhouse atau media propagation karena tanaman-tanaman aquascape ini perlakuannya tidak sama dengan tanaman darat seperti tanaman cabai, bawang atau lainnnya. tanaman air aquascape ini membutuhkan banyak air, cukup sinar matahari tapi tidak terlalu panas, gas CO2 untuk siang hari dan O2 untuk malam hari yang tersedia di udara bebas.

Hairgrass yang tumbuh panjang sudah tidak bisa di letakan pada media mini propagation atau mini greenhouse.
 
Menanam di atas atap rumah (rooftop) namun terlindung dari sinar matahari langsung.

Media mini propagation hidroponik atau mini tropical greenhouse Hidroponik ini bukanlah sebuah keharusan untuk menumbuhkan tanaman air aquascape seperti hairgrass Japan, media pot tanpa hidroponik pun bisa di gunakan, dan sekali lagi kuncinya ada pada substrat yang lembab (tidak becek atau terendam) ketersediaan pupuk, sinar matahari yang cukup dan pertukaran gas CO2 / O2.

Hairgrass Japan juga dapat tumbuh di pot biasa.
Setiap sudut lokasi rumah saya manfaatkan untuk menaruh media mini propagation ini (Lokasi di teras rumah) wadah menggunakan tutup berventilasi untuk menghindari terpaan air hujan yang cukup lebat yang dapat memporak-porandakan substrat.

Pupuk cair yang saya gunakan adalah green water atau micro algae dari jenis Cyanobacteria yang sebelumnya saya kultur sendiri pada tahun sebelumnya sebagai pakan daphnia, pupuk Cyanobacteria ini saya berikan 2x sehari pagi dan sore dengan porsi yang sangat sedikit.

Jika Anda berminat untuk membeli bibit Hairgrass Japan atau Eleocharis Sp anda bisa dapatkan disini dengan harga yang cukup menarik.

Terima Kasih telah mampir di blog ini, semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar